Jumat, 19 April 2013

Kisi – kisi Ulangan Semester 2 Sejarah

1. Golongan Muda
# Soekarni
# Jusuf Kunto
# Chaerul Saleh
# Shodancho Singgih, perwira PETA dari Daidan I Jakarta sebagai pimpinan rombongan penculikan.
# Shodancho Sulaiman
# Chudancho Dr. Soetjipto
# Chudancho Subeno sebagai pemimpin Cudan Rengasdengklok (setingkat kompi)
# Honbu (staf) yang dipimpin oleh Budancho Martono.
Mereka menculik Moh. Hatta dan Soekarno ke Rengasdengklok agar melakukan proklamasi kemerdekaan secepatnya. Sedangkan golongan tua menginginkan proklamasi kemerdekaan melalui PPKI.
2. Sidang pertama PPKI dan Keputusannya
Dilaksanakan pada 18 Agustus 1945
Pada sidang pertama ini PPKI menghasilkan suatu kesepakatan tentang naskah pembukaan Undang Undang Dasar 1945, memilih presiden dan wakil presiden pertama (Ir. Soekarno dan Moh. Hatta) dan untuk sementara waktu Presiden dibantu oleh sebuah Komite Nasional Indonesia.
3. Pergantian Kabinet Pada Masa Demokrasi Liberal
a. Kabinet Natsir (6 September 1950 – 20 Maret 1951)
b. Kabinet Sukiman (27 April 1951 – 3 Februari 1952)
c. Kabinet Wilopo (3 April 1952 – 2 Juni 1953)
d. Kabinet Ali I/Ali-Wongso (30 Juli 1953 – 24 Juli 1955)
e. Kabinet Burhanuddin Harahap (12 Agustus 1955 – 3 Maret 1956)
f. Kabinet Ali II (24 Maret 1956 – 9 April 1957)
g. Kabinet Djuanda (9 April 1957 – 5 Juli 1959)
4. Dekrit Presiden
Pada tanggal 5 Juli 1959, jam 17.00 WIB presiden mengeluarkan Dekrit yang berisi :
1. Pembubaran Konstituante
2. Berlakunya kembali UUD 1945 dan tidak berlakunya lagi UUDS 1950
3. Pembentukan MPRS yang terdiri atas anggota DPR, utusan daerah dan golongan-golongan serta pembentukan DPAS.
5. Peran masing – masing daerah dalam mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (Aceh dan Sumatera)
Aceh
Berita proklamasi disambut Aceh dengan membentuk API pada 6 Oktober 1945. Organisasi tersebut mengambil alih markas tentara Jepang dan mengibarkan bendera merah putih di Langsa, Banda Aceh, Ule Lhe.
24 November 1945 tentara Jepang menyerang Lhokseumawe dan menyerah pada pemuda Aceh dan menyerahkan senjata.
16 Juni 1948 Said Mohammad Alhabsyi selaku panitia pengumpulan dana untuk membeli pesawat berhasil mengumpulkan dana US$130.000
20 Agustus 1948 Juned Yusuf dan beberapa orang lagi berhasil mengumpulkan 20 Kg emas dan sejumlah uang.
Pembelian pesawat di Singapura dibawag pimpinan Wiweko Supomo. Pesawat tersebut dinamai 001 Seulawah (gunung emas) tiba di Indonesia pada oktober 19548.
Pada masa Agresi Militer II, pesawat tersebut berada di India untuk perbaikan besar. Setelah selesai, terjadi Blokade di Belanda lalu dioperasikan di Burma. Hasil dari operasi tersebut digunakan untuk membeli obat, senjata dan dua pesawat lagi (RI 007 dan RI 009). Wah, ternyata Indonesia punyak pesawat James Bond jugak ya. Heheheh…..
Sumatera Utara
13 Oktober 1945 didirikan Barisan Pemuda Indonesia yang dipimpin Achmad Tahir. Tindakannya mengambil alih gedung-gedung pemerintah dan merebut senjata Jepang.
9 Oktober 1945 Kedatangan pasukan Sekutu membuat situasi kota Medan Panas (bukan karena iklim ya). Namun karena Provokasi-provokasi yang dilakukan Belanda sehingga meletuslah pertempuran Medan Area.
9 Mei 1947 Di Sibolga, rakyat berjuang mengusir kapal Belanda. Peringatan Residen Tapanuli, dr. F.L. Tobing agar kapal tersebut meninggalkan perairan Sibolga paling lambat tanggal 12 Mei 1947 pada pukul 10.00 WIB tidak dipenuhi. Sehingga terjadi pertempuran hebat antara Belanda dengan Komando Pasukan Khusus.
6. Perjanjian Roem-Royen
Tercapai kesepakatan antara Indonesia-Belanda. Pihak RI antara lain memerintahkan untuk menghentikan perang gerilya dan akan turut dalam KMB dengan maksud mempercepat penyerahan kedaulatan yang sungguh-sungguh dan lengkap pada negara Indonesia Serikat tanpa bersyarat.
7. KMB dan Hasilnya
KMB diadakan di Den Haag pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949dengan UNCI sebagai penengahnya. Delegasi Belanda dipimpin oleh Van Marseven dan ketua konferensi adalah Perdana Menteri Belanda Wilian Dress. Hasil dari KMB adalah :
a. Belanda mengakui RJS sebagai negara yang merdeka dan berdaulat.
b. Status Irian Barat akan dibicarakan 1 tahun setelah penyerahan kedaulatan.
c. RIS dan Negeri Belanda akan disatukan dalam Uni-Indonesia-Belanda yang diketuai oleh Ratu Belanda.
d. RIS mengembalikan hak milik dan memberikan hak konsesi dan izin baru bagi perusahaan-perusahaan Belanda.
e. RIS harus mengganti biaya yang dikeluarkan Belanda selama berada di Indonesia sebesar 4.418 miliar gulden
8. Pembebasan Irian Barat
a) Perjuangan Diplomatik
b) Konfrontasi Ekonomi
c) Tri Komando Rakyat
9. Konfrontasi Ekonomi
a. Mengadakan pemogokan total oleh buruh-buruh yang bekerja di perusahaan-perusahaan Belanda pada tanggal 2   Desember 1957
b. Mearang beredarnya semua media dan film yang menggunakan bahasa Belanda
c. Melarang pesawat – pesawat milik KLM Belanda mendarat dan terbang di atas wilayah Indonesia
d. Melarang aktivitas konsuler Belanda di Indonesia pada tanggal 2 Desember 1957
e. Melakukan pengambilalihan dan Nasionalisasi perusahaan – perusahaan Belanda di Indonesia yang dilakukan oleh para buruh yang bekerja di perusahan tersebut.
10. Gencatan Senjata Indonesia-Belanda
a. Slambat-lambatnya pada tanggal 1 oktober 1962, penguasaan atas Irian Barat dipegang oleh pemerintah sementara PBB atau UNTEA dengan ketua Dr. Jalal Abdoh dari iran yang akan tiba di Irian Barat untuk menerima penyerahan kekuasaan dati pemerintah Belanda
b. UNTEA akan menggunakan tenaga yang berasal dari Indonesia yaitu Mr. Sujarwo Condronegoro, penduduk Irian Barat dan sisa pegawai Belanda.
c. Pasukan Indonesi yang sudah ada di Irian Barat tetap berada disana, namun berada dibawah kekuasaan UNTEA.
d. Angkatan perang Belanda secara bertahap dikembalikan ke negerinya.
About these ads
KISI-KISI BAHASA INGGRIS
KELAS XI IPA/IPS

 1. EXPRESSING LOVE AND EXPRESSING SADNESS
Mengenai ekspresi/ kalimat untuk mengungkapkan cinta dan kesedihan. Bentuk soal yang digunakan adalah melengkapi rumpang dalam sebuah dialog atau memahami sebuah dialog.
2. EXPRESSING AGREEMENT  AND DISAGREEMENT
Mengenai ekspresi/ kalimat untuk menyatakan kesetujuan | ketidak-setujuan. Bentuk soal yang digunakan adalah melengkapi rumpang dalam sebuah dialog atau memahami sebuah dialog.
3. EXPRESSING OPINION
Mengenai ekspresi/ kalimat untuk menanyakan dan mengungkapkan pendapat. Bentuk soal yang digunakan adalah melengkapi rumpang dalam sebuah dialog atau memahami sebuah dialog.
3. NARRATIVE TEXT
Pemahaman cerita, struktur teks dan tujuan teks naratif
4. HORTATORY TEXT
Pemahaman isi dan struktur sebuah teks hortatory beserta dengan tujuannya.
 5. SPOOF TEXT
Pemahaman cerita, struktur teks dan tujuan teks spoof
6. SENTENCE CONNECTORS SHOWING CONDITION
Mengenai pemakaian  if, unless, otherwise, only if, even if sebagai conjunction dalam sebuah kalimat.
7. READING COMPREHENSION
Mengenai ide pokok, kalimat utama, dan isi dari sebuah teks
                                                   KISI KISI KIMIA 
                                        UJIAN SEMESTER GENAP
 Soal Pilihan Ganda
1     Siswa dapat menentukan letak unsure dalam system periodic berdasarkan nomor atom dan jumlah netron atom tersebut
2     Siswa dapat menentukan keempat bilangan kuantum suatu atom berdasarkan nomor massa dan jumlah netron dalam atom
3     Siswa dapat menentukan konfigurasi electron suatu atom berdasarkan jumlah electron dalam suatu ion
4     Berdasarkan rumus molekul dan nomor atom penyusun molekulnya, ssiwa dapat menentuka bentuk molekulnya
5     Berdasarkan struktur lewis molekulnya, siswa dapat menentukan jumlah pasangan electron ikatan dan pasangan electron bebasnya
6     Siswa dapat menentukan jenis hibridisasinya berdasarkan rumus molekul dan nomor atom penyusun molekulnya
7     Berdasarkan harga entalpi pembentukan yang diketahui, siswa dapat menentukan persamaan termokimianya
8     Siswa dapat menghitung kalor reaksi sejumlah mol zat yang terlibat dalam reaksi berdasarkan persamaan termokianya
9     Menentukan zat yang memiliki ikatan hydrogen, berdasarkan beberapa rumus molekul suatu zat
10   Siswa dapat menerapkan Hukum Hess untuk menghitung entalpi reaksi dari beberapa data reaksi termokimia
11   Berdasarkan data hasil percobaan, siswa dapat menentukan ordo reaksi totalnya
12   Berdasarkan data energy ikatannya, siswa dapat menentukan entalpi suatu reaksi
13   Siswa dapat menghitung kemolaran larutan berdasarkan massa zat yang dilarutkan dalam volume tertentu larutan
14   Siswa dapat menentukan rumus laju reaksinya berdasarkan data hasil percobaan laju reaksi
15   Siswa dapat menerapkan azas Le Chatelier untuk menentukan arah pergeseran reaksi
16   Berdasarkan data laju reaksi, siswa dapat menentukan factor yang mempengaruhi laju reaksinya
17   Siswa dapat menghitung harga Kp berdasarkan reaksi kesetimbangan dan jumlah mol awal yang direaksikan
18   Berdasarkan persamaan reaksi kesetimbangannya, siswa dapat menentukan rumus kesetimbangannya
Soal Uraian
19   Siswa dapat menentukan:
a)        Diagram orbitanya
b)        Keempat bilangan kuantum electron terluarnya
Berdasarkan nomor massa dan nomor atom yang diketahui
20   Siswa dapat menentukan:
a)        Persamaan termokimianya
b)        Kalor reaksinya
Berdasarkan pernyataan reaksi pembakaran sejumlah tertentu gas dan kalor reaksi yang dihasilkannya
21   Siswa dapat menentukan:
a)        Ordo reaksi total
b)        Rumus laju reaksi
c)        Harga tetapan laju reaksi
Berdasarkan data hasil percobaan laju reaksi
22   Siswa dapat menentukan:
a)        Harga Kc
b)        Harga Kp
c)        Cara untuk memaksimalkan perolehan zat
Berdasarkan sejumlah mol zat yang bereaksi dan persamaan reaksi kesetimbangannya
                                      KISI KISI SOAL B.INDONESIA
                                         UJIAN SEMESTER GENAP

 1. Disajikan penggalan surat niaga dan siswa mencari jenis surat niaga tersebut.
2. Disajikan surat niaga dan siswa menentukan isi surat niaga tersebut
3. Disajikan penggalan novel siswa mencari unsur intrinsik dan ekstrinsik novel.
4. Disajikan penggalan hikayat siswa mencari unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
5. Menentukan ciri-ciri berita yang baik
6. Fungsi intonasi dalam pembacaan berita.
7. Kalimat yang tepat untuk membuka sambutan atau khotbah
8. Kalimat yang mengandung tanggapan positif terhadap sebuah berita
9. Disajikan penggalan proposal siswa mencari bagian-bagian dari proposal
10. Kalimat simpulan untuk paragraf analogi
11. Kalimat pembuka wawancara yang santun
12. Hal yang harus dilakukan pewawancara setelah melakukan wawancara
13. Menentukan kalimat sebab dan akibat
14. Kalimat tanya yang tepat untuk wawancara yang telah disajikan
15. Penulisan daftar pustaka yang tepat
16. Penulisan sumber kutipan menggunakan catatan kaki dengan benar
17. Mengetahui pengertian: Ibid., Op.cit., Loc. Cit., Ibid. Loc. Cit., dan Ibid. Op. cit.
18. Menentukan bagian-bagian dari proposal
19. Disajikan penggalan drama siswa mencari unsur intrinsik dan ekstrinsiknya
20. Menentukan isi dari kutipan sebuah pidato
21. Menentukan kalimat ajakan yang tepat dari sebuah pidato yang disajikan
22. Menentukan pertanyaan yang tepat sesuai petikan wawancara yang disajikan
23. Menentukan simpulan dari paragraf deduktif yang disajikan
24. Disajikan resensi buku, siswa menentukan bagian-bagian resensi buku
25. Siswa diminta membuat surat dagang dan surat kuasa berdasarkan petunjuk yang sudah ditentukan!
26. Membuat daftar pustaka dengan tepat berdasarkna sumber buku yang telah ditentukan! 
27. Menjelaskan ciri-ciri hikayat
28. Menentukan unsur intrinsik dan ekstrinsik dari penggalan cerita yang telah disajikan.
29. Membuat pidato/khotbah berdasarkan tema yang telah ditentukan! 

Indikator UTS TIK Kelas XI, dan Kelas XII Semester Genap 2012/2013

Indikator UTS TIK Semester Genap Kelas XI
1)      Area kerja pada program Microsoft Excel
2)      Sistem operasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan program Excel
3)      Perintah untuk mengakhiri pemakaian program Excel
4)      Icon untuk membuat tampilan huruf
5)      Perintah tampilan angka dengan tanda mata uang Rp
6)      Penulisan rumus yang benar untuk perkalian 2 cell
7)      Format – Cell – Currency, merupakan langkah memformat suatu sel
8)      Pada pembuatan tabel  menggabungkan 2 buah sel
9)      Mengkopi sebuah tabel pada sheet 1
10)  Formula untuk hasil penjumlahan dalam suatu range
11)  Formula =MAX
12)  Formula  =AVERAGE
13)  Microsoft excel secara default akan menampilkan lembar kerja
14)  Mengganti nama sheet
15)  Dua pilihan penyimpanan lembar kerja yang disediakan Ms. Excel
16)  Fungsi statistika
17)  Fungsi matematika
18)  Fungsi SUM
19)  Fungsi MAX
20)  Fungsi MIN
21)  Menghitung banyaknya jumlah data
22)  Nilai tertinggi
23)  Kelompok fungsi statistik
24)  No. 24-30 ditampilkan table date & time mengisi fungsi dan hasil dari range/cell yang ditentukan
Indikator UTS TIK Semester Genap Kelas XII
1.        Program microsoft office yang di peruntukkan untuk membuat presentasi
2.        Ekstensi file presentasi slide show pada Microsoft Power point
3.        Untuk membuat presentasi dengan menggunakan fasilitas Template yang telah tersedia pada Taks Pane dari Microsoft Powerpoint
4.        Untuk mengatur perataan tampilan teks pada slide presentasi
5.        Fasilitas untuk menghubungkan file presentasi
6.        Membuat durasi sebuah presentasi pada powerpoint
7.        Untuk menyimpan dokumen presentasi
8.        Tampilan slide pada power point 2007
9.        Klik Office Button > New. Pada  Kotak Dialog  yang  muncul  Pilih  >  Blank  & Recent  >Blank Presentation > klik tombol Create.
10.    Format Type penyimpanan pada power point 2007
11.    Fasilitas yang dapat digunakan dalam powerpoint untuk memasukkan gambar
12.    Membuat grafik kolom dalam slide powerpoint
13.    Memberikan warna-warna design pada slide
14.    Tampilan slide yang berukuran kecil
15.    Menampilkan presentasi secara full screen
16.    Animasi berupa pergerakan teks sesuai dari jalur yang dikehendaki
17.    Membuat animasi yang diterapkan apabila kita mengingin tulisan tetap terlihat sejak awal
18.    Animation entrace
19.    Membuat animasi akan dimulai setelah animasi berikutnya
20.    Menambahkan action setting
21.    Membuat link antara slide dalam satu dokumen
22.    Menghilangkan Hyperlink
23.    Mengatur video
24.    Menambahkan slide baru
25.    Menambahkan animasi pada presentasi
26.    Penyisipan table
27.    Memasukkan templates yang sudah anda download dari internet
28.    Untuk mengganti bacground slides
29.    Menambahkan teks, animasi, dan gambar
30.    Hide Background graphics digunakan untuk menghilangkan bacground berupa themes

kisi kisi UAS semester genap

                                                      kisi kisi biologi  
                                         ujian semester genap


 1. Mengasosiasikan struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.
2.  Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
3.  Menyebutkan fungsi organ-organ penyusun sistem, pencernaan manusia.
4.  Mengidentifikasi zat-zat yang terdapat dalam bahan makanan dan fungsinya bagi tubuh
5.  Mengasosiasikan struktur dan  fungsi organ-organ dalam sistem pencernaan makanan manusia.
6.  Menjelaskan proses pencernaan makanan yang terjadi pada organ-organ sistem pencernaan makanan manusia
7.  Menjelaskan fisiologis penyerapan bahan makanan dan organisme yang terlibat.
8.  Menjelaskan parameter pengukuran fisologis paru-paru
9. Mengidentifikasi struktur sistem pernapasan pada manusia
10.  Menjelaskan fisiologis pernafasan yang terjadi pada  manusia
11.  Membandingkan antara struktur dan fungsi sistem pernapasan pada beberapa hewan vertebrata dan avertebrata
12  Mengkaitkan struktur dan fungsi sistem pernafasan pada manusia
13. Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang gangguan/penyakit yang terdapat dalam sistem pernapasan manusia
14 Mengkaitkan struktur dan fungsinya ginjal/nefron.
15.  Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia
16.  Menjelaskan struktur nefron dan fisiologis pembentukan urine
17 .Mennyebutkan penyakit/gangguan pada ginjal sebagai alat ekskresi manusia
18. Mengkaitkan sistempencernaan dan sistem ekskresi pada manusia
19. Menganalisis gangguan pada sistem ekskresi.
20. Membedakan macam-mcam ekskresi.
21.. Mengidentifikasi struktur dan fungsi nefron
22. Menjelaskan fisiologis neuron sebagai penerima impuls.
23. Menjelaskan struktur dan fungsi neuron
24. Menjelaskan proses penghantaran impuls dalam kaitannya dengan sistem saraf pusat.
25. Menyebutkan struktur dan fungsi dari otak sebagai sistem saraf pusat pada manusia.
26. Menjelaskan fungsi dari hormon dan kelenjar pada sistem koordinasi manusia.
27. Menyebutkan gangguan hormonal pada sistem koordinasi pada manusia.
28. Megidentifikasi fungsi dari bagian-bagian penyusun alat indera pada manusia.
29. Mengidentigfikasi fungsi dari hormon pada manusia.
30. Menyebutkan aliran rangsangan pada sistem indera manusia hingga diterima sebagai impuls.
31.   Menyebutkan fisiologis dan peran dari sistem saraf kranial.
32. Menyebutkan struktur anatomi sistem reproduksi manusia
33.  Mengidentifikasi hormon yang terlibat dalam sistem reproduksi pria dan wanita
34. .Mengidentifikasi fisiologis siklus menstruasi.
35. .Membedakan fungsi hormon yang terlibat dalam proses sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
36. .Mengidentifikasi struktur, fungsi, dan proses pada sistem reproduksi manusia (pria dan wanita)
37. Mengidentifikasi keterkaitan antara hormon dan kelenjar beserta fungsinya dalam sistem reproduksi
38. Menyebutkan proses fisiologis pada gametogenesis
39. Menganalis grafik siklus menstruasi
40. Menyebutkan alat kontrasepsi dan proses pencegahan kehamilan untuk mendukung program keluarga berencana.–>(cari di internet/literatur lain)